Gudang Ilmu Archives

Sebab-sebab “Tidak Dikabulkannya” Doa

Setiap kita tentunya biasa berdoa kepada Allah. Kita memohon kepada-Nya agar hajat dan keinginan kita Ia kabulkan. Ketika kita benar-benar butuh, tidak jarang kita berdoa sambil mengiba kepada Allah. Namun barangkali tidak jarang kita merasa doa kita tidak dikabulkan, atau setidak-tidaknya tidak segera dikabulkan.

Ketika seseorang merasa doanya tidak kunjung dikabulkan, tidak jarang sejak saat itu ia pun tidak lagi berdoa dan tidak punya harapan bahwa doanya akan dikabulkan oleh Allah. Padahal sikap seperti ini dilarang oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Beliau bersabda, “Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selagi ia tidak buru-buru. (Yakni jika) ia berkata, ‘Aku telah berdoa kepada Tuhanku, tapi doaku tidak dikabulkan’.” (HR Al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad). Dalam lafazh Muslim disebutkan: “Ditanyakan, ‘Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan minta agar doa segera dikabulkan?’ Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ’(Yakni) hamba itu berkata, ‘Aku berdoa dan berdoa, tapi doaku tidak dikabulkan’.” (HR Muslim)

Kita semestinya menyadari bahwa ada banyak sebab mengapa sebuah doa tidak segera dikabulkan oleh Allah. Kita juga hendaknya paham bahwa hikmah besar pasti selalu ada di balik tidak dikabulkannya doa dalam waktu cepat. Di antara sebab dan hikmah itu adalah sebagai berikut.

Pertama, bisa jadi penyebab tertundanya pengabulan doa kita adalah karena kita belum memenuhi syarat-syarat diterimanya doa. Misalnya, kita tidak menghadirkan hati, tidak khusuk dan tidak merendahkan diri saat berdoa, kita berdoa bukan pada waktu dimana doa akan mudah dikabulkan, atau kita belum memenuhi syarat-syarat doa penting lainnya.

Kedua, terkadang doa tidak terkabul dikarenakan sebab tertentu seperti karena dosa yang kita belum bertaubat darinya, karena dosa di mana kita tidak bertaubat dengan jujur darinya, karena makanan kita mengandung syubhat, atau karena ada hak milik orang lain pada diri kita dan kita belum mengembalikannya. Karena itu, kita hendaknya bertaubat dengan taubatan nashuhah, dengan melengkapi syarat-syaratnya dan mengembalikan hak orang lain kepada pemiliknya terlebih dahulu hak orang lain tersebut masih ada pada diri kita. Inilah sebab terpenting tidak dikabulkannya doa. Disebutkan dalam hadits bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,“Hai Sa’ad (bin Abu Waqqash), makanlah makanan yang baik-baik, niscaya engkau menjadi orang yang doanya dikabulkan.” Juga disebutkan dalam sebuah hadits shahih bahwasanya Rasulullah mengisahkan seseorang yang rambutnya acak-acakan dan berdebu lalu menengadahkan tangannya ke langit untuk berdoa, ‘Ya Allah, ya Allah.’ Padahal, makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan keluarganya diberi makan dari sumber yang haram. Bagaimana doanya akan dikabulkan?” (HR Muslim, At-Tirmidzi, dan Ahmad). Oleh karena itu, kita harus berusaha membersihkan diri dari segala kotoran dosa yang bisa menjadi menghalangi ‘jalan-jalan’ terkabulnya doa.

Ketiga, bisa jadi Allah tidak mengabulkan doa kita karena Ia sengaja hendak menyimpan pahala doa kita tersebut untuk Ia berikan kepada kita di akhirat kelak atau karena Ia hendak menghilangkan keburukan dari kita. Diriwayatkan dari Ubadah bin Ash-Shamit radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,“Jika di atas bumi ada seorang muslim berdoa kepada Allah dengan satu doa, maka Ia akan mengabulkan doa itu atau menghilangkan keburukan darinya, selagi ia tidak mengerjakan dosa atau memutus hubungan kekerabatan.” Seseorang berkata, “Bagaimana kalau kita memperbanyak doa?” Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Allah akan lebih banyak lagi mengabulkan doanya atau menghilangkan keburukan darinya.” (HR At-Tirmidzi, Ahmad, dan Al-Hakim). Dalam riwayat Al-Hakim ada tambahan: “Atau Allah akan menyimpan pahala seperti doanya itu untuknya.” (HR Al-Hakim). Bisa jadi, ini lebih baik bagi kita, sebab dengan disimpannya pahala doa kita di akhirat dan baru diberikan kepada kita saat itu, maka hal itu akan mengangkat derajat dan martabat kita di akhirat. Saat itu, kita akan berbahagia dan bahkan berharap sekiranya seluruh pahala doa kita disimpan dan baru dibagikan di akhirat.

Keempat, penundaan terkabulnya doa merupakan salah satu bentuk ujian dari Allah kepada seseorang. Allah ingin menguji iman orang itu. Ketika doa tidak segera dikabulkan, syetan membisikkan pikiran jahat kepada seseorang, dengan berkata kepadanya, “Apa yang kita minta itu ada pada Allah. Tetapi mengapa doa kita tidak segera dikabulkan?” Begitu pula, syetan akan menyusupkan bisikan-bisikan jahat lainnya. Setiap muslim harus melawan bisikan-bisikan jahat seperti itu dan mengusirnya dari dirinya, dengan segala sarana. Ia harus sadar bahwa bisa jadi Allah tidak segera mengabulkan doanya karena Allah hendak menguji imannya. Ketika doa tidak segera dikabulkan, maka iman seseorang teruji dan terlihatlah perbedaan antara orang beriman sejati dengan orang beriman gadungan. Sikap seorang mukmin tidak akan berubah terhadap Tuhannya hanya karena doanya tidak segera dikabulkan dan malah ia semakin rajin beribadah kepada-Nya.

Kelima, tidak segera dikabulkannya doa semestinya membuat seorang muslim tahu dan menyadari sebuah hakikat penting. Yaitu bahwa ia adalah hamba Allah, sementara Allah iadalah pemilik segala-galanya. Pemilik berhak berbuat apa saja terhadap miliknya, baik memberi ataupun tidak memberi. Jika Allah mau memberi, maka itu salah satu bentuk keadilan-Nya dan Ia pasti punya alasan yang kuat untuk itu. Sedangkan jika Ia tidak memberi, itupun salah satu bentuk keadilan-Nya dan Ia juga pasti punya alasan yang kuat untuk itu. Ada baiknya kita merenungkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam setelah Perdamaian Hudaibiyah yang sepintas lalu merugikan Rasulullah dan kaum muslimin. Ketika itu beliau bersabda,”Aku Rasulullah dan Allah tidak akan pernah akan menelantarkan aku.” (HR Al-Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

Keenam, terkadang doa yang tidak segera dikabulkan justru akan membuat kita semakin dekat kepada Allah, terus bersimpuh di hadapan-Nya, selalu merendahkan diri dan berlindung diri kepada-Nya. Sebaliknya, tidak jarang jika permintaan kita dikabulkan, maka kita menjadi lebih sibuk, lalu kita tidak lagi ingat kepada Allah, tidak meminta dan berdoa kepada-Nya, padahal keduanya adalah inti ibadah. Inilah realitas sebagian besar kita. Buktinya, jika tidak ada cobaan maka kita tidak berlindung kepada Allah.

Ketujuh, bisa jadi terkabulnya doa kita justru akan menjadikan kita berbuat dosa, akan berdampak buruk pada agama kita, atau akan menjadi fitnah bagi kita. Atau bisa juga apa yang kita minta itu sepintas lalu baik bagi kita padahal sebenarnya tidak baik bagi kita. Yang demikian ini terutama bagi seseorang yang mengajukan permintaan tertentu yang sangat spesifik kepada Allah dan tidak berdoa dengan doa-doa yang telah dituntunkan dalam Al-Qur’an atau yang diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Karena itu hendaknya kita memperhatikan doa-doa yang ada dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah.

Kedelapan, setiap doa punya ketentuan dan takaran. Adalah tidak masuk akal, hari ini seseorang yang amat miskin dan tidak melakukan usaha yang signifikan berdoa agar ia menjadi milyarder kaya raya pada esok paginya. Doa memiliki takaran, syarat, sebab, prolog, kerja keras, dan bahkan pengorbanan yang besar.

Kita harus ingat bahwa ketika Nabi Ya’qub ‘alaihissalam kehilangan anak kesayangannya, Nabi Yusuf ‘alaihissalam, beliau tidak henti-hentinya berdoa dan berdoa. Tapi pengabulan doa beliau tertunda hingga waktu yang lama, hingga ada yang mengatakan, “Nabi Ya’qub berdoa selama empat puluh tahun.” Penderitaan dan cobaan yang dialami Nabi Ya’qub ‘alaihissalam semakin meningkat. Anaknya yang lain, Bunyamin, juga hilang, sampai-sampai kedua matanya buta karena kesedihan yang mendalam. Kendati demikian, beliau tetap optimis bahwa semua penderitaan tersebut suatu saat akan berakhir. Ketika itulah, beliau berkata,“Mudah-mudahan Allah mendatangkan mereka semua kepadaku, sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.” (Yusuf: 83).

Demikian pula, Nabi Musa ‘alaihissalam pernah berdoa kepada Allah “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau memberi kepada Fir’aun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan pada kehidupan dunia. Ya Tuhan kami, akibatnya mereka menyesatkan (manusia) dari jalan-Mu. Ya Tuhan kami, binasakan harta benda mereka, dan kuncilah mati hati mereka, karena mereka tidak beriman hingga mereka melihat siksaan yang pedih.” (Yunus: 88). Namun konon Allah baru mengabulkan doa beliau tersebut, sebagaimana yang dinyatakan oleh Allah “Sesungguhnya permohonan kalian berdua dikabulkan” (Yunus: 89), setelah empat puluh tahun lamanya! Padahal yang berdoa adalah Nabi Musa ‘alaihissalam, salah seorang dari rasul-rasul Ulul ‘Azmi, sedangkan yang mengamininya adalah Nabi Harun ‘alaihissalam, seorang nabi yang mulia. Keduanya telah memenuhi semua syarat dan etika berdoa. Sementara pihak yang didoakan celaka ialah Fir’aun dan konco-konconya, yang sudah jelas manusia paling dzalim, fasik, dan kafir saat itu. Meski begitu, doa Nabi Musa tidak segera dikabulkan Allah, sebab doa tersebut adalah doa yang tidak sembarang doa. Diperlukan kerja keras dan pengorbanan untuk mewujudkannya. Itulah yang dimaksud dengan takaran doa. Dan ini harus benar-benar kita pahami.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab sebuah doa tidak terkabul, berikut hikmah yang ada dibaliknya. Dengan mengetahui penyebab-peyebab dan hikmah-hikmah tersebut, semoga kita menjadi orang-orang yang tidak pernah bosan berdoa, karena doa adalah inti ibadah. Wallahu a’lam bish-shawab.

 

Pencarian Terakhir :

cara menghadapi polisi yg lg ngerajia kapal (3)

Tip menghadapi polisi

Tip Menghadapi polisi

Tip Menghadapi polisiApa Yang Harus Anda Lakukan Jika Rumah Anda Digeledah Atau Anda Ditangkap Oleh Polisi di Rumah?

Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat kita masih sangat ketakutan apabila melihat polisi datang ke rumahnya. Apalagi jika kedatangan polisi tersebut bertujuan untuk menggeledah atau menangkap salah satu keluarga kita.

Hal ini dikarenakan banyak di antara masyarakat kita yang awam dengan masalah hukum. Biasanya, kita akan merasa sangat malu apabila salah satu keluarga ditahan karena diduga melakukan suatu tindakan pidana. Padahal statusnya belum tentu bersalah dalam perkara tersebut.

Untuk itu cv prima desain widya adicipta  mencoba mengumpulkan berbagai macam sumber, baik literatur maupun individu untuk untuk memberikan masukan kepada para pembaca mengenai Tip Menghadapi polisi. Dari berbagai sumber tersebut dipaparkan beberapa cara atau Tip Menghadapi polisi yang harus menjadi perhatian kita semua dalam menghadapi aparat kepolisian yang sedang melaksanakan tugasnya.

Ada beberapa Tip Menghadapi polisi yang sangat berguna ketika menghadapi aparat kepolisian yang akan melakukan penggeledahan atau ingin melakukan penangkapan terhadap anda atau keluarga anda.

  1. Jangan panik, anggap saja polisi tersebut adalah tamu. Persilahkan mereka masuk dan tanyakan keperluannya.
  2. Jika polisi tersebut membawa surat tugas untuk melakukan penggeledahan rumah maka hal yang perlu anda lakukan adalah menghubungi Ketua RT/RW/Lurah/Kepala Desa setempat (apabila penggeledahan tersebut tidak anda inginkan) dan menyiapkan 2 orang saksi selain itu mintalah kepada polisi tersebut untuk meperlihatkan surat izin dari Pengadilan Negeri (Pasal 33 KUHAP)
  3. Apabila polisi yang datang dengan maksud untuk melakukan penggeledahan tersebut tidak berasal/bertugas di wilayah hukum tempat anda, maka mintalah kepada polisi tersebut untuk memperlihatkan izin dari ketua Pengadilan Negeri tempat saudara berdomisili. Pastikan juga kepolisian yang bersasal dari wilayah hukum anda ikut mendampingi (Pasal 36 KUHAP)
  4. Apabila polisi yang datang hendak menahan/menangkap seseorang, maka mintalah surat perintah penangkapan dan/atau surat perintah penahanan, segera hubungi penasihat hukum/pengacara anda.

Jika anda tidak mampu menyewa seorang pengacara, silahkan datang/menghubungi kantor lembaga bantuan hukum. Setelah undang-undang bantuan hukum diberlakukan, maka setiap warga Negara yang tidak mampu membayar jasa pengacara akan mendapatkan pelayanan bantuan hukum secara cuma-cuma melalui lembaga bantuan hukum yang ditunjuk oleh pemerintah.

Yang penting adalah masa penahanan. Masa penahanan di kepolisian tidak boleh lebih dari 20 hari dan setelah lewat 20 hari kepolisian dengan izin kejaksaan dapat memperpanjang dan tidak boleh lebih dari 40 hari, apabila lebih dari itu maka seorang tersangka wajib dikeluarkan dari tahanan (Pasal 24 KUHAP)
Anda juga dapat mengajukan surat penangguhan penahanan dan apabila pihak kepolisian  menyetujinya maka orang yang ditahan akan dikeluarkan dari tahanan (Pasal 31).

Semoga  tip menghadapi polisi  ini bermanfaat untuk anda .

Tip Menghadapi polisi

tip menghadapi polisi , tip menghadapi polisi , tip menghadapi polisi , tip menghadapi polisi , tip menghadapi polisi , tip menghadapi polisi

Biodiesel

Aplikasi Biodiesel

Biodiesel sekarang ini menjadi bahan diskusi yang hangat  sebagai bahan campuran bagi solar atau bbm , kali ini cv prima desain widya adicipta akan membagikan informasi seputar biodiesel, semoga bermanfaat bagi para pengunjung website ini dan menambah ilmu pengetahuan.

Apa itu biodiesel?

biodieselBiodiesel adalah suatu oxyg enated fuel yakni mengandung oxygen kurang lebih 11% dalam struktur molekulnya, Kehadiran atom-atom oksigen ini memungkin proses pembakaran bahan bakar yang terjadi dalam ruang bakar mesin jadi lebih sempurna daripada bila menggunakan petrodiesel yang merupakan suatu non-oxygenated fuels dan oleh karena itu pada kendaraan yang tidak dilengkapi dengan emission controls system secara signifikan menghasilkan lebih sedikit emisi carbon monoxide (CO), unburned(HC)dan particulate matter (PM) atau soot dari tailpipe. Tetapi, penggunaan oxygenated fuels cenderung mengakibatkan meningkatnya emisi nitrogen oxides(NOx). Bahan bakar ramah lingkungan ini juga mereduksi smoke dan bau-bau yang berbahaya (noxious odors).

Biodiesel adalah suatu renewable alternative fuel untuk digunakan pada compression ignition (diesel) engines, yang dibuat dari produk-produk agrikultur seperti vegetable oils atau dari biologicaling  redients berbasis animal dan tidak di peruntukan bagi spark ignition(SI) engines. Walaupun diesel merupakan bagian dari namanya, biodiesel tidak mengandung petroleum atau fossil fuels lainnya. Biofuel ini adalah non petroleum atau non-fossil fuel.

Biodiesel baik sekali untuk digunakan pada modern diesel engines karena tipe diesel fuel ini mempunyai lubricity yang ekselen, lebih baik dari petrodiesel. Superior lubricity dari biodiesel ini dapat menurunkan pengausan pada diesel engines dan dapat meningkatkan umur komponen-komponen. Demikian, penggunaan biodiesel benar-benar dapat memperpanjang engine life. Di samping itu, biodiesel flemabilitas( flam ability) nya tinggi dan dapat mempunyai sifat-sifat solvent alamiah yang akan menolong membersihkan deposist dalam fuel lines, storage tank dan fuel delivery system.

Walaupun tidak mengandung petroleum, biodiesel dapat di campurkan ke dieselfuel konvensional pada fuel tank yang sama menciptakan biodiesel blend. Diesel fuel konvesional adalah diesel fuel yang berasal dari petroleum dan seringkali disebut petrodiesel. Boidiesel secara kimiawi serupa dengan petrodiesel. Disebabkan karena mempunyai chemical properties and performance characteristics yang serupa sekali dengan petrodiesel, biodiesel dalam bentuk murninya dapat langsung dipergunakan pada diesel engine moderen dengan sedikit atau tanpa modifikasi engine. Dan dalam presentase yang kecil biodiesel dapat dipergunakan sebagai fuel lubricity additive, dicampurkan pada petrodiesel yang kadar sulfur nya rendah seperti ultra low sulfur diesel (ULSD), untuk meningkatkan lubricity atau lubricating ability yang hilang bila sulfur direduksi.

BEBERAPA TIPE BIODIESEL

Banyak macam biodiesel seperti diuraikan secara singkat dibawah, diproduksi diberbagai Negara, begantung pada jenis feedstock nya yang digunakan, antara lain :

1. SUNFLOWER BIODIESEL

Istilah pemasaran untuk biodiesel yang diproduksi dari sunflower oil. Sunflower biodiesel banyak diproduksi di eropa selatan.

2. COCONUT BIODIESEL

Coconut biodiesel adalah istilah pemasaran untuk biodiesel yang diproduksi dari coconut oil. Biodiesel ini biasanya digunakan di beberapa Negara di eropa, Thailand, Canada dan amerika serikat. Di Indonesia, tipe biodiesel ini belum banyak di produksi dan dikenal sebagai cocodiesel. Cocodiesel yang tidak melalui trans esterification bukanlah biodiesel. Istilah kimia yang biasa diguanakan untuk biodiesel terbuat dari coconut oil ini adalah coconut methyl ester yang biasa disingkat CME.

3. PALM BIODIESEL

Istilah pemasaran untuk biodiesel yang diproduksi dari palm oil. Saat ini, palm oil adalah vegetable oil yang amat berlimpah-limpah di asia tenggara. Istilah kimia yang biasa digunakan untuk palm fatty acid methyl ester atau palm oil menthyl ester. Biosolar yang dipasarkan pertamina adalah campuran dari palm diesel dan petrodiesel.

4. SOY DIESEL

Istilah pemasaran untuk biodiesel di amerika serikat yang diproduksi dari soy bean oil. Soybean oil or soy or soy oil adalah vegetable oil berwarna kuning muda yang diekstrak/dipres dari kacang kedelai (soybean/ soya bean). Soybean/ soya bean oil ini banyak diproduksi di amerika serikat dan mendomonasi sebagai suatu biodiesel feedstock. Istilah lain dari biodiesel feedstock. Istilah lain dari biodiesel ini adalah methyl soyate atau soy bean biodiesel atu soy biodiesel. Istilah kimia yang bia di gunakan sa digunakan untuk tipe biodiesel ini adalah soy menthyl esters yang juga biasa di singkat sebagai SME atau SOME atau soybean oil methyl esters (SME) atau soybean menthyl esters(SOME).

 

5. JATROPHA BIODIESEL

Istilah pemasaran untuk biodiesel yang diproduksi dari jatropha curcas oil atau jatropha oil. Jatropha methyl ester adalah istilah kimia untuk jatropha biodiesel.

6. PEANUT BIODIESEL

Istilah pemasaran untuk biodiesel yang diproduksi dari peanut oil. Peanut methyl ester adalah istilah kimia untuk peanut biodiesel.

7. RAPE/ RAPESEED BIODIESEL

Istilah pemasaran yang biasa digunakan untuk biodiesel yang terbuat dari rape/rapessed oil. Rape menthyl ester (RME) atau rapessed oil menthyl ester biasa disingkat sebagai RME adalah istilah kimia untuk rape/rapeseed biodiesel. Rape/rapeseed biodiesel adalah biodiesel yang paling umum digunakan di eropa. Scania telah menggunakan tipe biodiesel ini.

 

APLIKASI BIODIESEL

Pada environmental protection agency (EPA), biodiesel telah tercatat sebagai neat fuel. Demikian, biodiesel dapat digunakan sendirian pada diesel engines dalam bentuk murninya sebagai pengganti petrodiesel. Istilah biodiesel sendiri menunjukan bahan bakar murni sebelum dicampur dengan petrodiesel. Biodiesel juga tercatat sebagai fuel additive. Ia dapat dicampurkan pada petrodiesel dalam suatu ratio membentuk campuran yang disebut biodiesel blends atau bio blends.

Biodiesel blends di tunjukkan dengan huruf “B” dan diikuti dengan xx, dimana xx menunjukkan persentase kuantitas biodiesel yang terkandung dalam campuran bahan bakar. Beberapa biodiesel blend yang dikenal adalah B20, B5 dan B2. menurut U.S department of energy, lowlevel biodiesel blends atau low blend adalah blend 20% dan dibawahnya.

Penggunaan biodiesel blend mereduksi emisi carbon dioxide (CO2) dan pollutants yang dipancarkan ke atmosfir, dengan demikian mereduksi greenhouse gases dan polusi udara. Selain itu, penggunaan biodiesel blend akan meningkatkan lubricity dari petrodiesel dan mereduksi deposits dalam diesel engies.

biodiesel

kelapa sawit

Kelapa sawit di indonesia

kelapa sawitKelapa sawit (Elaeis) adalah tumbuhan penting bagi  industri  yang menghasilkan  minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunan Kelapa Sawit banyak  menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia perkebunan kelapa sawit menyebar  di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, dan Sulawesi.

Kelapa sawit berbentuk pohon. Tingginya dapat mencapai 24 meter. Akar serabut tanaman kelapa sawit mengarah ke bawah dan samping. Selain itu juga terdapat beberapa akar napas yang tumbuh mengarah ke samping atas untuk mendapatkan tambahan aerasi.

Kelapa sawit terdiri daripada dua spesies Arecaceae atau famili palma yang digunakan untuk pertanian komersil dalam pengeluaran minyak kelapa sawit. Kelapa sawit afrika, Elaeis guineensis, berasal dari Afrika barat di antara Angola dan Gambia, manakala kelapa sawit amerika, Elaeis oleifera, berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Bunga jantan dan betina terpisah namun berada pada satu pohon (monoecious diclin) dan memiliki waktu pematangan berbeda sehingga sangat jarang terjadi penyerbukan sendiri. Bunga jantan memiliki bentuk lancip dan panjang sementara bunga betina terlihat lebih besar dan mekar.

Tanaman kelapa sawit dengan tipe cangkang pisifera bersifat female steril sehingga sangat jarang menghasilkan tandan buah dan dalam produksi benih unggul digunakan sebagai tetua jantan.

Pokok yang matang mempunyai satu batang pokok yang tunggal dan tumbuh sehingga 20 meter tingginya. Daunnya merupakan daun majmuk yang anak-anak daunnya tersusun lurus pada kedua-dua belah tulang daun utama seolah-olah bulu dan mencapai 3 hingga 5 meter panjangnya. Pokok yang muda menghasilkan lebih kurang 30 daun setiap tahun, dengan pokok yang matang yang melebihi 10 tahun menghasilkan lebih kurang 20 daun. Bunganya berbentuk rumpun yang padat. Setiap bunganya kecil sahaja, dengan tiga sepal dan tiga kelopak. Buahnya memakan 5 hingga 6 bulan untuk masak dari masa pendebungaan. Ia terdiri daripada lapisan luar yang berisi dan berminyak (perikarp), dengan biji tunggal (isirung) yang juga kaya dengan minyak. Berbanding dengan saudaranya, kelapa, kelapa sawit tidak menghasilkan tunas susur. Pembiakannya adalah melalui penyemaian biji-biji.

Seperti jenis palma lainnya, daunnya tersusun majemuk menyirip. Daun berwarna hijau tua dan pelepah berwarna sedikit lebih muda. Penampilannya agak mirip dengan tanaman salak, hanya saja dengan duri yang tidak terlalu keras dan tajam. Batang tanaman diselimuti bekas pelepah hingga umur 12 tahun. Setelah umur 12 tahun pelapah yang mengering akan terlepas sehingga penampilan menjadi mirip dengan kelapa.

Buah terdiri dari tiga lapisan:

  • Eksoskarp, bagian kulit buah berwarna kemerahan dan licin.
  • Mesoskarp, serabut buah
  • Endoskarp, cangkang pelindung inti

Inti sawit (kernel, yang sebetul]]nya adalah biji) merupakan endosperma dan embrio dengan kandungan minyak inti berkualitas tinggi. Kelapa sawit berkembang biak dengan cara generatif. Buah sawit matang pada kondisi tertentu embrionya akan berkecambah menghasilkan tunas (plumula) dan bakal akar (radikula).

Buah sawit mempunyai warna bervariasi dari hitam, ungu, hingga merah tergantung bibit yang digunakan. Buah bergerombol dalam tandan yang muncul dari tiap pelapah. Minyak dihasilkan oleh buah. Kandungan minyak bertambah sesuai kematangan buah. Setelah melewati fase matang, kandungan asam lemak bebas (FFA, free fatty acid) akan meningkat dan buah akan rontok dengan sendirinya.

Tipe kelapa sawit

Kelapa sawit yang dibudidayakan terdiri dari dua jenis: E. guineensis dan E. oleifera. Jenis pertama yang terluas dibudidayakan orang. dari kedua species kelapa sawit ini memiliki keunggulan masing-masing. E. guineensis memiliki produksi yang sangat tinggi dan E. oleifera memiliki tinggi tanaman yang rendah. banyak orang sedang menyilangkan kedua species ini untuk mendapatkan species yang tinggi produksi dan gampang dipanen. E. oleifera sekarang mulai dibudidayakan pula untuk menambah keanekaragaman sumber daya genetik.

Penangkar seringkali melihat tipe kelapa sawit berdasarkan ketebalan cangkang, yang terdiri dari
Dura, Pisifera, dan Tenera.

Dura merupakan sawit yang buahnya memiliki cangkang tebal sehingga dianggap memperpendek umur mesin pengolah namun biasanya tandan buahnya besar-besar dan kandungan minyak per tandannya berkisar 18%.

Pisifera buahnya tidak memiliki cangkang, sehingga tidak memiliki inti (kernel) yang menghasilkan minyak ekonomis dan bunga betinanya steril sehingga sangat jarang menghasilkan buah.

Tenera adalah persilangan antara induk Dura dan jantan Pisifera. Jenis ini dianggap bibit unggul sebab melengkapi kekurangan masing-masing induk dengan sifat cangkang buah tipis namun bunga betinanya tetap fertil. Beberapa tenera unggul memiliki persentase daging per buahnya mencapai 90% dan kandungan minyak per tandannya dapat mencapai 28%. Untuk pembibitan massal, sekarang digunakan teknik kultur jaringan.

Syarat hidup kelapa sawit

Habitat aslinya adalah daerah semak belukar. Kelapa Sawit dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis (15° LU – 15° LS). Tanaman ini tumbuh sempurna di ketinggian 0-500 m dari permukaan laut dengan kelembaban 80-90%. Kelapa Sawit membutuhkan iklim dengan curah hujan stabil, 2000-2500 mm setahun, yaitu daerah yang tidak tergenang air saat hujan dan tidak kekeringan saat kemarau. Pola curah hujan tahunan memengaruhi perilaku pembungaan dan produksi buah kelapa sawit.

semoga artikel yang dibagikan oleh cv prima desain widya adicipta  mengenai kelapa sawit , dapat menambah pengetahuan bagi pengunjung website ini.

kelapa sawit